Pengertian, Fungsi dan Bagian - Bagian Lambung


Hallo Sahabat Sehat,

Sebelumnya, kita telah membahas anatomi lambung pada manusia. Kali ini, Mari kita mengenal lebih jauh, apa itu lambung, fungsi lambung dan bagian bagian lambung. Jadi tanpa basa basi kita lanjut aja ya temen - temen : )

Pengertian Lambung
Lambung adalah salah satu organ pencernaan yang berbentuk menyerupai  kantong dan terletak di bagian atas dari rongga perut sebelah kiri. Nama lain dari lambung adalah ventriculus atau  gaster.

Fungsi Lambung
Lambung memiliki fungsi penting dalam proses pencernaan. Apa saja fungsi lambung itu ? fungsi lambung yaitu :

1. Penyimpanan makanan
Fungsi lambung yang utama adalah sebagai penyimpanan makanan sebelum menuju proses pencernaan selanjutnya.
Lambung memiliki bentuk yang fleksibel sehingga dapat menyimpan makanan dengan volume hingga 4 liter.
Total waktu makanan yang disimpan di lambung adalah kurang lebih sekitar 2 hingga 3 jam.
Namun pada dasarnya lama waktu makanan berada di lambung bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis makanan yang diproses oleh lambung.

2. Mencerna makanan
Dalam Proses pencernaan makanan di lambung, terjadi proses mekanik dan kimiawi.
Proses pencernaan secara mekanik tidak hanya terjadi di mulut dengan bantuan gigi saja, tetapi juga terjadi lagi pada lambung.
Lambung menghancurkan makanan secara mekanik, dibantu oleh otot-otot dinding lambung yang bergerak secara peristaltik untuk mengaduk dan mencampur makanan dengan getah lambung.Setelah lebih kurang 3 jam.
Berbeda dengan proses mekanik, pada pencernaan kimiawi, proses pencernaan makanan dilakukan dengan bantuan enzim-enzim yang disekresikan oleh kelenjar di dinding lambung.
Ada beberapa enzim yang terdapat di lambung, diantaranya seperti pepsin yang memecah protein menjadi pepton, lipase yang memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, asam klorida (HCI) yang mengubah pepsinogen menjadi pepsin, membunuh mikroorganisme patogen dan renin yang berfungsi untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein.

3. Membunuh mikroorganisme berbahaya
Lambung memproduksi asam klorida (HCI) yang memiliki banyak fungsi penting. Salah satunya untuk membunuh mikroorganisme patogen yang masuk secara tidak sengaja bersama makanan. Agar tidak menyebabkan penyakit.

4. Membantu penyerapan Vitamin B12
Fungsi lambung adalah untuk menyerap vitamin B12.
Glikoprotein sangat berperan penting dalam penyerapan vitamin B12 (kobalamin) dalam usus.
Manfaat vitamin B12 untuk tubuh sangat banyak mulai dari berperan dalam pembentukan sel darah merah, membantu proses pembentukan DNA, hingga memelihara sistem saraf.

5. Fungsi lambung mengontrol hormon
Lambung juga memproduksi beberapa hormon yang berperan penting dalam sistem pencernaan, seperti hormon gastrin dan ghrelin.
Gastrin berfungsi untuk merangsang sekresi asam lambung secara terus-menerus.
Sedangkan ghrelin diproduksi dalam kelenjar oksintik mukosa yang tersebar di dalam lambung.
Ketika tubuh lapar atau kekurangan energi, hormon ghrelin lah yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada hipotalamus.

6. meredam bahaya asam lambung
Di dalam lapisan mukosa lambung, terdapat sel yang disebut dengan sel goblet. Sel ini akan mensekresikan lendir bikarbonat yang bersifat basa ke lapisan terluar dari lambung agar tidak rusak akibat aktivitas asam lambung dan enzim pepsin.
Fungsi lambung pada manusia memang cukup vital. Oleh sebab itu gangguan pada fungsi lambung dapat menyebabkan beragam penyakit yang bisa membahayakan tubuh.
Jika fungsi lambung mengalami gangguan, biasanya seseorang akan merasakan beberapa gejala seperti kembung, mual, muntah, nyeri pada bagian lambung.

Bagian – Bagian Lambung
Selain 3 bagian utama pada lambung yang telah disebutkan di atas, lambung juga memiliki 4 lapisan utama, yakni:

1. Mucosa
Mucosa merupakan bagian lapisan lambung yang mengeluarkan berbagai jenis cairan seperti asam lambung, jenis jenis enzim, dan hormon.
Lapisan mucosa berbentuk seperti palung agar perbandingan antara luas dan volume bisa diperbesar sehingga getah lambung yang dikeluarkan semakin banyak.
Ada 3 macam sel yang terdapat di lapisan mucosa yang berfungsi untuk proses pencernaan, yakni sel goblet, sel parietal, dan sel chief.

2. Submucosa
Lapisan submucosa ialah tempat dipertemukannya pembuluh darah arteri dan vena.
Kedua pembuluh darah tersebut dipertemukan untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel perut, juga untuk membawa nutrisi yang diserap, urea, dan karbondioksida dari sel tersebut.

3. Muscularis
Lapisan ini merupakan bagian yang membantu lambung untuk pencernaan secara mekanis.
Ada 3 bagian otot yang terdapat pada lapisan muscularis yakni otot melingkar, otot memanjang, dan otot menyerong. Ketiganya akan berkontraksi dan menghasilkan gerakan peristaltik.
Gerakan peristaltik akan membuat makanan yang ada di lambung diaduk-aduk atau dapat dikatakan
gerakan peristaltik merupakan gerakan menggelombang.

4. Serosa
Lapisan serosa merupakan lapisan terluar dari lambung.
Lapisan ini berfungsi untuk melindungi lambung kita.
Lapisan ini akan mengeluarkan sejenis cairan untuk mengurangi gesekan pada lambung dengan anggota tubuh lainnya.

Jadi, itulah ulasan mengenai apa itu lambung, fungsi lambung dan bagian bagian lambung.
Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini, supaya memberikan informasi dan manfaat kepada banyak orang.

Terimakasih sahabat sehat,
Healthy start from ourselves

Spesial bagi kalian yang sedang BadMood untuk membaca, Tonton vidio di bawah ini aja : )



Sumber : Ragam Herbal

1 comment:

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can tell your partner... that will induce intense emotions of love and instinctual attractiveness for you deep within his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, worship and guard you with all his heart...

    ====> 12 Words That Fuel A Man's Desire Response

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will drive him to work better than before to do his best at looking after your relationship.

    Matter-of-fact, fueling this influential instinct is absolutely important to getting the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll instantly find him expose his soul and mind for you in a way he's never experienced before and he'll perceive you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

    ReplyDelete