Anatomi Lambung Pada Manusia


Hallo sahabat sehat,

Lambung adalah organ berbentuk kantong yang terletak di bagian atas perut. Lambung memiliki banyak struktur di dalamnya, atau yang biasa kita sebut dengan anatomi. Dan oleh karena itu, Ragam Herbal akan mengulas lebih jauh mengenai anatomi pada lambung manusia. Jadi tanpa basa basi kita langsung saja ya temen - temen : ).

Pada dasarnya, anatomi lambung terbagi menjadi 5 bagian, di antaranya:

1. Kardiak
Kardiak adalah bagian ujung lambung teratas yang berhubungan langsung dengan esofagus. Kardiak menjadi tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Pada ujungnya terdapat cincin otot yang berfungsi sebagai klep untuk mencegah makanan yang sudah masuk ke lambung kembali naik ke kerongkongan.

2. Fundus
Setelah memasuki kardiak, makanan kemudian disalurkan menuju fundus. Fundus adalah area yang berbentuk lengkungan di bagian atas lambung dan terletak di bawah diafragma. Bagian lambung yang satu ini menjadi tempat makanan mulai mengalami proses pencernaan.

3. Badan lambung
Badan lambung adalah bagian dari anatomi lambung yang paling penting. Pasalnya, badan lambung menjadi tempat makanan dicerna dan diproses menjadi bentuk kecil-kecil dengan bantuan enzim lambung.

4. Antrum
Antrum adalah bagian terbawah dari lambung, terkadang disebut juga dengan antrum pilorus. Antrum memiliki fungsi sebagai tempat menampung makanan yang sudah dicerna sebelum disalurkan menuju usus halus.

5. Pilorus
Pilorus adalah anatomi lambung paling akhir yang terhubung langsung dengan usus halus. Pada pilorus terdapat sfingter pilorus, yaitu cincin otot tebal yang berfungsi sebagai katup yang mengatur keluarnya makanan dari lambung menuju duodenum. Sfingter pilorus ini juga berfungsi untuk mencegah makanan yang sudah tersalurkan ke duodenum agar tidak kembali ke lambung.

Lapisan pada dinding lambung
lambung terdiri dari beberapa lapisan jaringan, di antaranya:

1. Mukosa (selaput lendir)
Mukosa yaitu lapisan terdalam lambung yang bersentuhan langsung dengan makanan di dalam lambung. Ketika perut kosong, mukosa berbentuk seperti gerigi yang terdiri dari rugae (dinding-dinding yang berkerut). Rugae ini akan memipih saat lambung dipenuhi oleh makanan. Lapisan mukosa ini menghasilkan dua zat pencernaan, yaitu asam klorida dan pepsin untuk membantu lambung dalam mencerna makanan.

2. Submukosa
Submukosa yaitu lapisan lambung yang terdiri dari jaringan ikat. Jaringan ikat tersebut mengandung pembuluh darah, pembuluh getah bening, sel-sel saraf, dan serat tubuh.

3. Muscularis propria (muscularis eksterna)
Muscularis yaitu lapisan lambung yang menutupi submukosa. Muscularis propia terdiri dari tiga lapisan otot sekaligus, di antaranya lapisan otot melingkar, memanjang, dan menyerong yang membantu mencerna makanan dengan enzim pencernaan.

4. Serosa
Serosa yaitu lapisan terluar lambung yang berfungsi untuk melindungi lambung dari gesekan dengan organ lainnya. Lapisan serosa disebut juga dengan peritoneum viseral.
Jadi Itulah ulasan mengenai antomi lambung pada manusia,

Kira kira bagian struktur mananih yang baru kalian ketahui ?
Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini, supaya memberikan informasi dan manfaat kepada banyak orang.

Terimakasih sahabat sehat,
Healthy start from ourselves

Spesial bagi kalian yang sedang BadMood untuk membaca, Tonton vidio di bawah ini aja : )



Sumber : Ragam Herbal

No comments:

Post a Comment