Mengenal Bahasa Pemrograman Java | Untuk Programmer Pemula


Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman Java
Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek serta resmi diperkenalkan oleh Sun Microsystem pada awal tahun 1996. Sejarah awal Java berawal di tahun 1991 ketika sebuah group insinyur-insinyur Sun, yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin mendesain sebuah bahasa pemrograman komputer yang berukuran kecil yang dapat digunakan untuk peralatan elektronika konsumen seperti switchboxes TV kabel. Peralatan-peralatan ini karena menggunakan konsumsi daya dan memory yang renda, maka bahasa pemrograman tersebut harus berukuran sangat kecil. Setiap vendor menggunakan CPU ( Central Processing Unit ) uang berbeda, maka bahasa tersebut harus bersifat multiplatfrom, tidak terikat hanya pada satu arsitektur ( Architecture Neutral ). Proyek ini diberi nama Green Project.

Green Project akhirnya menggunakan Virtual Machine ( saat ini dikenal dengan sebutan Java Virtual Machine ) karena harus menggunakan Architecture Neutral. Secara khusus pembuatan bahasa berorientasi objek ( objek oriented ) tersebut, bukan berorientasi prosedur ( procedural oriented ) seperti model bahasa Pascal. Bahasa pemrograman tersebut kemudian dinamakan Oak, dan diubah menjadi Java.

Java memiliki karakteristik berukuran kecil, efisien dan portable untuk berbagai macam hardware . Dahulu perkembangan Java sempat terhenti karena tidak ada yang tertarik. Ketika teknologi internet berkembang, akhirnya Java diarahkan untuk menjadi bahasa pemrograman internet, karena fitur - fitur yang dimiliki Java seperti Architecture Neutral, real time, reliable dan secure sesua untuk pengembangan internet.

Apa itu Teknologi Java?
Java merupakan sebuah Development Environment.
Java sebagai salah satu peralatan untuk membangun suatu program. Teknologi Java menyediakan banyak tool, seperti compiler, interpreter, penyusun dokumentasi, paket kelas dan lain sebagainya.

Java merupakan sebuah Aplikasi
 Sebuah aplikasi dengan teknologi Java adalah aplikasi yang bersifat serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).

Java merupakan sebuah Deployment Environment.
Terdapat dua komponen utama dari Deployment Environment. Pertama adalah JRE, yang terdapat pada paket J2SDK, mengandung kelas-kelas untuk semua paket teknologi Java yang meliputi kelas dasar dari Java, komponen GUI dan sebagainya. Komponen yang lain terdapat pada Web Browser. Hampir seluruh Web Browser komersial menyediakan interpreter dan runtime environment dari teknolog Java.

No comments:

Post a Comment