Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Lambung


Hallo Sahabat Sehat,

Bagi kalian yang memiliki penyakit pada lambung seperti asam lambung, maag dsb. Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui makanan apa saja, yang harus dihindari. Oleh karena itu ragam herbal akan mengulas pantangan makanan untuk penderita penyakit lambung. Jadi tanpa basa basi kita langsung saja ya temen - temen : )

Salah memilih makanan akan berakibat fatal bagi penderita penyakit lambung. Berikut beberapa jenis penyakit pada lambung dan apa saja makanan yang harus dihindari:

1. Penyakit  Asam Lambung / GERD
GERD atau yang sering dikenal dengan penyakit asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung mengalir ke sepanjang kerangkongan. Hal ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya. Beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung yaitu,:
- Cokelat
- Makanan berlemak,
- Makanan pedas,
- Buah asam,
- Tomat,
- Bawang bombay,
- Bawang putih

    2. Penyakit Maag
    Maag adalah peradangan pada dinding lambung yang disebabkan oleh pengeluaran asam lambung yang berlebihan. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu naiknya asam lambung, sehingga perlu dihindari atau setidaknya dibatasi. Diantaranya yaitu:
    - Makanan Pedas
    - Makanan Berlemak
    - Buah dan Sayur yang bersifat Asam
    - Peppermint dan cokelat
    - Bawang Putih
    - Makanan yang mengandung banyak gas
    - Minuman Beralkohol
    - Kafein dan minuman bersoda

    3. Penyakit Kanker Lambung
    Kanker lambung adalah jenis kanker yang menggerogoti lambung. Penyebab utama kanker lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori dan akibat merokok. Makanan yang wajib dihindari bagi penderita kanker lambung adalah :

    - Ikan Asin
    Ikan asin yang telah diolah sudah menjadi tidak segar dan tercampur dengan bahan lainnya sehingga penderita kanker lambung akan merasakan nyeri, dan menyebabkan gangguan permeabilitas jaringan tubuh.

    - Daging Unggas
    Daging unggas yang diternak sering kali menggunakan obat kimia dalam pakan maupun lainnya, seperti suntik hormon untuk menambah bobot, hormon yang diberikan pada binatang unggas ini mirip dengan hormon anabolic pada manusia, yang mana hormon ini diduga dapat memicu perkembangan kanker lebih cepat.

    - Junk Food
    Kalian pasti sudah mengetahui dapat buruk dari junk food, ada banyak dampak buruk apabila Anda sering mengonsumsi makanan cepat saji. Salah satu dampak buruk yang bisa menyerang adalah meningkatkan risiko untuk terkena penyakit kanker. Sedangkan untuk penderita kanker lambung, apabila mengonsumsi junk food akan memperburuk keadaan kanker lambung yang sedang dideritanya.

    Jadi, itulah pantangan makanan bagi penderita penyakit lambung. Nah Terus, kalo makanan yang dianjurkan apa dong ? tentu itu akan kita bahas di artikel dan vidio selanjutnya.

    Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkann share artikel ini, supaya memberikan informasi dan manfaat kepada banyak orang.

    Terimakasih sahabat sehat,
    Healthy start from ourselves.

    *Spesial buat temen - temen yang lagi males baca, bisa tonton vidio di bawah ini aja : )



    Source : Ragam Herbal

    No comments:

    Post a Comment